Pengertian FTP SERVER

assallamuallaikum wr wb , kali ini saya akan memposting tentang pengertian dari FTP server.

A. Pengertian

 FTP dibangun pada model arsitektur client-server dan menggunakan kontrol dan sambungan data terpisah antara klien dan server. pengguna FTP dapat mengotentikasi diri dengan jelas-teks protokol masuk, biasanya dalam bentuk username dan password, tetapi dapat terhubung secara anonim jika server dikonfigurasi untuk memungkinkan. Untuk transmisi aman yang melindungi username dan password, dan mengenkripsi konten, FTP sering diamankan dengan SSL / TLS ( FTPS ). SSH File Transfer Protocol (SFTP) kadang-kadang juga digunakan sebagai pengganti, tetapi teknologi yang berbeda.

Aplikasi klien FTP pertama yang program baris perintah dikembangkan sebelum sistem operasi memiliki antarmuka pengguna grafis , dan masih dikirimkan dengan sebagian besar Windows , Unix , dan Linux sistem operasi. Banyak FTP klien dan utilitas otomatisasi telah sejak dikembangkan untuk desktop , server, perangkat mobile, dan perangkat keras, dan FTP telah dimasukkan ke dalam aplikasi produktivitas, seperti halaman web editor .

B. Sejarah

Spesifikasi asli untuk File Transfer Protocol ditulis oleh Abhay Bhushan dan diterbitkan sebagai RFC 114 pada tanggal 16 April 1971. Sampai tahun 1980, FTP berlari di NCP , pendahulu TCP / IP. Protokol ini kemudian diganti dengan TCP versi / IP, RFC 765 (Juni 1980) dan RFC 959 (Oktober 1985), spesifikasi saat ini. Beberapa standar yang diusulkan mengubah RFC 959 , misalnya RFC 1579 (Februari 1994) memungkinkan Firewall-Friendly FTP (mode pasif), RFC 2228 (Juni 1997) mengusulkan ekstensi keamanan, RFC 2428 (September 1998) menambahkan dukungan untuk IPv6 dan mendefinisikan tipe baru mode pasif.

C. FTP melalui SSH

FTP melalui SSH adalah praktek tunneling sesi FTP biasa melalui koneksi Secure Shell. Karena FTP menggunakan beberapa TCP koneksi (biasa untuk protokol TCP / IP yang masih digunakan), sangat sulit untuk terowongan melalui SSH. Dengan banyak klien SSH, mencoba untuk mendirikan sebuah terowongan untuk saluran kontrol (klien-ke-server sambungan awal pada port 21) akan melindungi saluran hanya itu; ketika data ditransfer, perangkat lunak FTP di kedua ujung set up koneksi baru TCP (saluran data) dan dengan demikian tidak memiliki kerahasiaan atau perlindungan integritas .

Jika tidak, maka perlu untuk software SSH client untuk memiliki pengetahuan khusus dari protokol FTP, untuk memantau dan menulis ulang FTP pesan saluran kontrol dan mandiri membuka baru forwardings paket untuk saluran data yang FTP.

Referensi
https://translate.google.com/translate?hl=id&sl=en&u=https://en.wikipedia.org/wiki/File_Transfer_Protocol&prev=search

Comments

Popular posts from this blog

Server, Cloud, TV danDSL di Cisco packettracer

Pengertian Topologi dan kegunaan Topologi

Tentang IEEE 802.1Q