Pengertian Samba (file sharing)


assalamuallaikum wr wb, kali ini saya akan menjelaskan pengertian Samba dan juga kegunaannya dan sebagainya...mungkin langsung saja yaa wwkwk

A. Pengertian
Samba adalah perangkat lunak bebas ulang pelaksanaan SMB / CIFS jaringan protokol , dan pada awalnya dikembangkan oleh Andrew Tridgell . Samba memberikan berkas dan cetak layanan untuk berbagai Microsoft Windows klien dan dapat mengintegrasikan dengan Microsoft domain Windows Server , baik sebagai Domain Controller (DC) atau sebagai anggota domain. Pada versi 4, mendukung Active Directory Microsoft dan Windows NT domain.

Samba berjalan pada kebanyakan Unix , OpenVMS dan Unix-seperti sistem, seperti Linux , Solaris , AIX dan BSD varian, termasuk Apple MacOS Server , dan MacOS klien ( Mac OS X 10.2 dan yang lebih besar). Samba adalah standar pada hampir semua distribusi Linux dan umumnya disertakan sebagai dasar layanan sistem pada sistem operasi berbasis Unix lain juga. Samba dirilis di bawah persyaratan GNU General Public License . Nama Samba berasal dari SMB ( Server Message Block ), nama protokol standar yang digunakan oleh sistem file jaringan Microsoft Windows.

B. Sejarah samba
Andrew Tridgell mengembangkan versi pertama dari Samba Unix pada bulan Desember 1991 dan Januari 1992, sebagai mahasiswa PhD di Universitas Nasional Australia , menggunakan packet sniffer untuk melakukan analisis jaringan dari protokol yang digunakan oleh Desember Pathworks perangkat lunak server. Pada saat rilis pertama, versi 0.1, 0.5 dan 1.0, semua dari paruh pertama Januari 1992, itu tidak memiliki nama yang tepat, dan Tridgell hanya menyebutnya "file server yang Unix untuk Dos Pathworks". Pada saat versi 1.0, ia menyadari bahwa ia "sebenarnya sudah menerapkan protokol NetBIOS" dan bahwa "software ini bisa digunakan dengan klien PC lainnya".

Dengan fokus pada interoperabilitas dengan Microsoft LAN Manager , Tridgell dirilis "netbios untuk unix", nbserver, versi 1.5 pada bulan Desember 1993. Rilis ini adalah yang pertama untuk menyertakan klien-perangkat lunak serta server. Juga, saat ini GPL2 terpilih sebagai lisensi.

Midway melalui 1,5-seri, nama ini diubah untuk smbserver. Namun, Tridgell mendapat merek dagang pemberitahuan dari perusahaan "Sintaks", yang menjual produk bernama TotalNet Advanced Server dan dimiliki merek dagang untuk "SMBserver". Nama "Samba" berasal dengan menjalankan perintah Unix grep melalui sistem kamus mencari kata-kata yang mengandung huruf S, M, dan B, agar (yaitu grep -i '^s.*m.*b' /usr/share/dict/words ).

Versi 1.6, 1.7, 1.8, dan 1.9 diikuti relatif cepat, dengan yang terakhir yang dirilis pada Januari 1995. Tridgell menganggap adopsi CVS Mei 1996 untuk menandai kelahiran Tim Samba, meskipun telah ada kontribusi dari orang lain, terutama Jeremy Allison , sebelumnya.

Versi 2.0.0 dirilis pada Januari 1999, dan versi 2.2.0 pada bulan April 2001.

C. Sejarah Versi samba
Versi 3.0.0, dirilis pada tanggal 23 September 2003, merupakan upgrade besar. Samba mendapatkan kemampuan untuk bergabung Active Directory sebagai anggota, meskipun tidak sebagai kontroler domain. [5] Setelah point-rilis untuk 3.0 telah menambahkan fitur baru kecil. Saat ini, rilis terbaru dalam seri ini adalah 3.0.37, dirilis 1 Oktober 2009, dan dikirim atas dasar sukarela. Seri 3.0.x resmi mencapai akhir-of-hidup pada tanggal 5 Agustus 2009.

Versi 3.1 hanya digunakan untuk pembangunan.

Dengan versi 3.2, proyek memutuskan untuk pindah ke rilis berdasarkan waktu. rilis utama baru, seperti 3.3, 3.4, dll akan muncul setiap 6 bulan. Fitur baru hanya akan ditambahkan saat rilis utama dilakukan, titik-rilis akan hanya untuk perbaikan bug. Juga, 3,2 menandai perubahan dari lisensi dari GPL2 ke GPL3, dengan beberapa bagian dirilis di bawah LGPL3. Perubahan teknis utama di versi 3.2 adalah untuk autogenerate banyak DCE / RPC -kode yang digunakan untuk buatan tangan. Versi 3.2.0 dirilis pada tanggal 1 Juli 2008. dan rilis saat ini adalah 3.2.15 dari 1 Oktober 2009. Seri 3.2.x resmi mencapai akhir-of-hidup pada 1 Maret 2010.

D. Keamanan
Beberapa versi 3.6.3 Samba dan rendah menderita masalah keamanan serius yang dapat memungkinkan pengguna anonim untuk mendapatkan akar akses ke sistem dari koneksi anonim, melalui eksploitasi kesalahan dalam Samba panggilan prosedur jarak jauh .

Pada tanggal 12 April, 2016, Badlock, bug keamanan penting dalam Windows dan Samba, diungkapkan. Badlock untuk Samba direferensikan oleh CVE-2016-2118 (samr dan LSA orang dalam serangan tengah mungkin).

E. Fitur - Fitur yang di miliki samba
Samba memungkinkan berbagi file dan cetak antara komputer yang menjalankan Microsoft Windows dan komputer yang menjalankan Unix. Ini merupakan implementasi dari puluhan layanan dan selusin protokol, termasuk:

1. NetBIOS lebih TCP / IP ( NBT )
2. SMB (dikenal sebagai CIFS di beberapa versi)
3. DCE / RPC atau lebih khusus, MSRPC , Network Neighborhood suite protokol
4. Sebuah WINS Server juga dikenal sebagai NetBIOS Name Server (NBNS)
5. PB Domain suite protokol yang mencakup NT Domain login
6. Security Account Manager (SAM) database yang
7. Otoritas Keamanan Lokal (LSA) layanan
8. layanan cetak NT-gaya (SPOOLSS)
9. NTLM
10. Active Directory Logon menggunakan versi modifikasi dari Kerberos dan LDAP .
11. DFS Server

Semua layanan ini dan protokol sering salah disebut sebagai hanya NetBIOS atau SMB. NBT (NetBIOS over TCP / IP) dan WINS protokol yang usang pada Windows.

Samba set up jaringan saham untuk memilih Unix direktori (termasuk semua yang terkandung subdirektori). Ini muncul untuk pengguna Microsoft Windows sebagai Windows normal folder dapat diakses melalui jaringan. Pengguna Unix dapat baik me-mount saham secara langsung sebagai bagian dari struktur file mereka menggunakan perintah smbmount atau, alternatif, dapat menggunakan utilitas, smbclient (libsmb) diinstal dengan Samba untuk membaca saham dengan antarmuka yang mirip dengan standar baris perintah FTP Program. Setiap direktori dapat memiliki hak akses yang berbeda overlay di atas normal perlindungan berkas Unix. Sebagai contoh: direktori rumah akan membaca / menulis akses untuk semua pengguna yang dikenal, yang memungkinkan masing-masing untuk mengakses file mereka sendiri. Namun mereka akan tetap tidak memiliki akses ke file-file lain kecuali izin yang biasanya akan ada. Perhatikan bahwa pangsa netlogon, biasanya didistribusikan sebagai hanya share membaca dari / etc / samba / netlogon, adalah direktori logon untuk skrip logon pengguna.

layanan Samba diimplementasikan sebagai dua daemon:

1. smbd, yang menyediakan layanan berbagi file dan printer, dan
2. nmbd, yang menyediakan layanan nama NetBIOS-to-IP-address. NetBIOS over TCP / IP memerlukan beberapa metode untuk pemetaan NetBIOS nama komputer ke alamat IP dari jaringan TCP / IP.

Konfigurasi samba dicapai dengan mengedit file tunggal (biasanya dipasang sebagai /etc/smb.conf atau /etc/samba/smb.conf). Samba juga dapat memberikan skrip logon pengguna dan pelaksanaan kebijakan kelompok melalui poledit.

Samba termasuk dalam kebanyakan distribusi Linux dan dimulai selama proses boot. Pada Red Hat, misalnya, script /etc/rc.d/init.d/smb berjalan pada saat boot, dan mulai baik daemon. Samba tidak termasuk dalam Solaris 8, tapi Solaris versi 8-kompatibel tersedia dari situs samba.

Samba termasuk alat administrasi web yang disebut Alat Administrasi Web Samba (SWAT). SWAT telah dihapus dimulai dengan versi 4.1. 




mungkin sekian postingan saya tentang samba (file sharing), kurang lebihnya saya mohon maaf...wassalamuallaikum wr wb.


Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Topologi dan kegunaan Topologi

Tentang IEEE 802.1Q

Server, Cloud, TV danDSL di Cisco packettracer