skala jaringan

assalamuallaikum wr wb
kali ini saya akan memposting tentang SKALA JARINGAN


SKALA JARINGAN
1. PAN - personal area network
2. LAN - Local area network
3. HAN - Home area Network
4. campus network
5. MAN - Metropolitan area network
6. WAN - wide area network
7. GAN - Global area network
8. Enterprise private nework
9. Virtual private network
10. Intranet
11. Extranet
12. Internet

PERSONAL AREA NETWORK
jaringan komputer yang di gunakan untuk komunikasi antara komputer dan perangkat teknologi informasi yang berdekatan dengan seseorang.
beberapa contoh perangkat yang digunakan dalam PAN:
1.komputer pribadi, printer, mesin fax, telpon, PDA, scanner dan bahkan vidio
   game konsol
2. jangkauan dari PAN biasanya meluas sampai 10 meter.
Sebuah PAN mungkin termasuk sambungan kable dan nirkable antara perangkat:
1. jaringan PAN berkable biasanya dibangun dengan usb, firewire
2. jaringan PAN nirkable dengan Bluetooth dan inframerah

LOCAL AREA NETWORK
jaringan area lokal (LAN) adalah jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat di wilayah geografis terbatas seperti rumah, sekolahan, laboraturium komputer, gedung kantor, atau bangunan berdekatan.
setiap komputer atau perangkat di dalam jaringan adalah node

kecepatan umumnya 10/100 Mbit/s Ethernet atau Gigabit Ethernet (ke router)

HOME AREA NETWORK
sebuah home area network adalah LAN perumahan yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat digital yang biasanya ditempatkan di rumah, biasanya sejumlah kecil komputer pribadi dan aksesoris, seperti printer dan perangkat komputasi mobile.

fungsi penting adalah pembagian akses internet, sering kali melalui layanan broadband CATV atau operator digital subscriber line (DSL)

CAMPUS NETWORK
sebuah jaringan kampus adalhan sebuah jaringan komputer terdiri dari interkoneksi jaringan area lokal (LAN) dalam wilayah geografis yang terbatas.
peralatan jaringan (switch, router) dan media transmisi (serat optik, copper plant, CAT5 kabel, dll) hampir seluruhnya dimiliki oleh pemilik/ penyewa kampus: perusahaan, universitas, pemerintahan, dll.

dalam hal jaringan kampus kampus universitas berbasis jaringan, mungkin menghubungkan berbagai bangunan kampus termasuk fakultas, perpustakaan univertas dan tempat tinggal siswa.

METROPOLITAN AREA NETWORK
adalah seuah jaringan area metropolitan (MAN) adalah jaringan yang menghubungkan dua atau lebih jaringan area lokal atau jaringan area kampus bersama - sama tetappi tidak melalui batas-batas kota langsung / kota.

router, switch dan hub terhubung untuk menciptakan jaringan area metropolitan.

WIDE AREA NETWORK
sebuah jaringan area luas (WAN) adalah jaringan komputer yang mencakup daerah geografis yang luas seperti kota, negara, atau bahkan rentang antar benua, menggunakan saluran komunikasi yang menggabungkan berbagai jenis media seperti saluran telpon, kabel, dan gelombang udara.

sebuah WAN sering menggunakan fasilitas transmisi disediakan oleh operator umum, seperti perusahaan telpon.
teknologi WAN umumnya fungsi di bawah tiga lapisan dari model referensi osi: lapisan fisik, lapisan data link, dan lapisan jaringan.

GLOBAL AREA NETWORK
sebuah jaringan area global (GAN) adalah jaringan yang digunakan untuk mendukung komunikasi mobile disejumlah LAN nirkable, area cukupan satelit (satelite coverage area), dll.
tantangan utama dalam komunikasi mobile menyerahkan komunikasi dari satu area cukupan lokal (local coverage area) ke yang lain.
dalam proyek IEEE 802, ini melibatkan suksesi jaringan area lokal terestrial wireless (Wlan)

ENTERPRISE PRIVATE NETWORK
Dimulai dengan digitalisasi jaringan telekomunikasi mulai di 70's di amerika serikat (oleh AT&t) dan didorong oleh pertumbuhan ketersediaan sistem komputer dan tuntutan jaringan private telah dibangun selama sepuluhtahun tanpa perlu menambahkan istilah"private"
jaringan di operasikan melalui jaringan telekomunikasi dan tiap komunikasi suara sejumlah keamanan di harap kan kerahasiaannya.
tetapi dengan internet dalam 90's datang tipe baru yang dibangun diatas jaringan infrastruktur umum ini, menggunakan enskripsi untuk melindungi lallu lintas data dari penyadapan (VPN)

jadi jaringan perusahaan sekarang biasanya disebut enterprise private network untuk memperjelas bahwa ini adalah jaringan pribadi (yang bersebrangan dengan jaringan umum)

VIRTUAL PRIVATE NETWORK
sebuah virtual private network (VPN) adalah jaringan komputer dimana beberapa link antara node dibawa oleh koneksi terbuka atau sirkuit cirtual dalam beberapa jaringan yang lebih besar misalnya internet dan bukannya dengan kabel fisik.
salah satu pengaplikasian umum adalah komunikasi yang aman melalui internet publik, tetapi sebuah vpn tidak mengharuskan fitur keamanan eksplisit, seperti otentikasi atau enskripsi konten.
vpn, misalnya dapat digunakan untuk memisahkan lalu lintas masyarakat pengguna yang berbeda melalui jaringan yang mendasari dengan fitur keamanan yang kuat.

INTRANET
sebuah intranet adalah seperangkat jaringan, dengan menggunakan protokol internet dan perangkat berbasis IP seperti Web browser dan aplikasi transfer file, yang berada di bawah kendali badan administrasi tunggal
Entitas admininistratif menutup intranet untuk orang lain dan mengkhususkan untuk pengguna yang berwenang.
umumnya, intranet adalah jaringan internal organisasi, perusahaan.

sebuah intranet yang besar biasanya akan memiliki minimal satu server web untuk menyediakan pengguna dengan informasi organisasi.

EXTRANET
Extranet adalhan sebuah jaringan yang dibatasi dalam ruangan lingkup (misalnya perusahaan) tetapi juga diperluaskan ke pengguna di luar perusahaan untuk keperluan bisnis/ edukasi.
biasanya menyediakan akses terbatas terhadap intranet suatu perusahaan untuk keperluan bisnis/ edukasi.

secara teknis, sebuah ekstranet juga dapat dikategorikan sebagai CAN, MAN, WAN atau jenis jaringan, meskipun menurut definisi, sebuah ekstranet tida dapat terdiri dari sebuah LAN tunggal; harus memiliki minimal satu konetksi dengan jaringan eksternal (misal internet)

INTERNET
internet adalah sistem jaringan interkoneksi global antara pemerintahan, akademisi, jaringan komputer perusahaann, private, dan masyarakat
hal ini didasarkan pada teknologi jaringan internet protocol suite, penerus dari advance research projects agency network (ARPANET) yang di kembangkan oleh DARPA milik departemen pertahanan amerika serikat.

internet juga merupakan tulang punggung komunikasi yang mendasari World Wibe Web (WWW)
internet di eja dengan kapital 'i' sebagai kata benda, karena alasan- alasan historis dan untuk membedakannya dari internetworks umum lainnya. 


sekian sharing saya, saya harap kalian bisa mengerti dan bisa memahami penjelasan saya...trimakasi 

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Topologi dan kegunaan Topologi

Tentang IEEE 802.1Q

Server, Cloud, TV danDSL di Cisco packettracer