FIREWALL & IPTABLES ???


assalamuallaikum wr wb, kali ini saya akan menjelaskan tentang apa itu firewall juga apa itu iptable beserta rule nya. simak dengan seksama yaa
Apa itu firewall?
Firewall dalam suatu jaringan komputer digunakan untuk mengisolasi jaringan dan hosts kita dari bahaya yang ada pada tetangga kita. Firewall melindungi kita dari pemakaian resource jaringan kita tanpa authorisasi oleh entitas dari luar. Sederhananya jika anda memasang firewall, maka anda akan dilindungi dari apa yang terjadi diluar anda. Dan firewall juga membantu anda melindungi dan menjaga apa yang terjadi didalam jangan sampai keluar.

Apa itu iptables?

Iptables merupakan suatu tools dalam sistem operasi linux yang berfungsi sebagai alat untuk melakukan filter/penyaringan terhadap lalu lintas data/traffic. Secara sederhana digambarkan sebagai pengatur lalu lintas data.Dengan Iptables inilah kita akan mengatur semua lalu lintas dalam komputer kita, baik yang masuk ke komputer, keluar dari komputer, ataupun traffic yang hanya sekedar melewati komputer kita.

Dengan kemampuan tools Iptables ini, kita bisa melakukan banyak hal dengan Iptables, yang paling penting adalah bahwa dengan Iptables ini kita bisa membuat aturan (rule) untuk aturan lalu lintas data.Aturan aturan itu dapat mencakup banyak hal, seperti besar data yang boleh lewat, jenis peket/datagram yang dapat diterima mengatur traffic berdasarkan asal dan tujuan data, forwarding, nat, redirecting, pengelolaan port, dan firewall.

Membahas prinsip dasar firewall Iptables, mengelola akses internet berdasarkan alamat IP, port aplikasi dan MAC Address, Firewall Iptables packet filtering memlki 3 aturan (policy), yaitu:

- INPUT

Mengatur paket data yang memasuki firewall dari arah internet maupun ke internet.Kita bisa mengelola komputr mana saja yang bisa mngakses firewall, misal hanya IP 192.168.10.2 yang bisa mengakses ke SSH yang lain tidak.

- OUTPUT

Mengatur paket data yang keluar dari firewall ke arah internet maupun ke internet.Biasanya output tidak diset, karena dapat membatasi kemampan firewall itu sendiri.

- FORWARD

Mengatur paket data yang melintasi firewall dari arah internet ke internet maupun sebaliknya.Policy forward banyak dipakai saat ini untuk mengatur koneksi internet berdasarkan port, MAC address dan IP address.

Selain aturan (policy) firewall Iptables juga mempunyai parameter yang disebut TARGET, yaitu status yang menentukan koneksi di Iptables diiznkan lewat atau tidak.TARGET tersebut ada tiga macam yaitu:

- ACCEPT

Akses diterima dan diizinkan melewati firewall.

- REJECT

Akses ditolak, koneksi dari komputer client yang melewati firewall langsung terputus, biasanya akan muncul pesan "Connection Refused".Target Reject tidak menghabiskan bandwidth  internet karena akses langsung ditolak, Reject ini berbeda dengan Drop.

- DROP

Akses diterima tetapi paket data langsung dibuang oleh kernel, sehingga pengguna tidak mengetahui kalau koneksi dibatasi oleh firewall, pengguna melihat bahwa seakan seakan server yang dihubungi mengalami permasalahan teknis.Pada koneksi internet yang sibuk dengan traffic tinggi Target Drop sebaiknya jangan digunakan terlebih dahulu.

Comments

Popular posts from this blog

Server, Cloud, TV danDSL di Cisco packettracer

Pengertian Topologi dan kegunaan Topologi

Tentang IEEE 802.1Q