Pengenallan tentang virtualisasi


assalamuallaikum wr wb, kali ini saya akan menjelaskan tentang apa sih itu virtualisasi? simak penjelasan di bawah ini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, virtual berarti (secara) nyata, sedangkan akhiran –isasi menyatakan makna melakukan, proses, usaha, atau kegiatan. Berarti virtualisasi adalah proses menyatakan atau membuat sesuatu menjadi nyata

Sedangkan dalam ilmu komputer, virtualisasi bisa diartikan sebagai pembuatan suatu bentuk simulasi dari sesuatu yang asalnya bersifat fisik, misalnya sistem operasi, perangkat penyimpanan data atau sumber daya jaringan. 
Definisi lainnya adalah "sebuah teknik untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara sistem lain, aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut. Hal ini termasuk membuat sebuah sumber daya tunggal (seperti server, sebuah sistem operasi, sebuah aplikasi, atau peralatan penyimpanan terlihat berfungsi sebagai beberapa sumber daya logikal; atau dapat juga termasuk definisi untuk membuat beberapa sumber daya fisik (seperti beberapa peralatan penyimpanan atau server) terlihat sebagai satu sumber daya logikal.”
 
Dalam ilmu komputer, Ada dua jenis virtualisasi yaitu virtualisasi penuh dan virtualisasi paruh. Virtualisasi penuh maksudnya mensimulasikan secara lengkap
Hal-hal yang mendasari suatu perangkat, sedangkan virtualisasi paruh hanya mensimulasikan beberapa hal dari perangkat tersebut. Virtualisasi paruh lebih mudah dijalankan daripaada virtualisasi penuh, akan tetapi virtualisasi paruh memiliki kekurangan dalam hal compatibility/kesesuaian. Virtualisasi dapat diimplementasikan ke dalam berbagai bentuk, antara lain :
1. Network Virtualization : VLAN, Virtual IP (untclustering), Multilink
2. Memory Virtualization : pooling memory dari node-node di cluster
3. Grid Computing : banyak komputer = satu
4. Application Virtualization : Dosemu, Wine
5. Storage Virtualization : RAID, LVM
6. Platform Virtualization : virtual computer
 
Virtualisasi bisa di gambar kan sebagai contoh berikut ini;
 
Ada sebuah hardware komputer dengan sistem operasinya (host; control program) yang menciptakan simulasi dari komputer yang lain dengan sistem operasinya sendiri sebagai guest software-nya. Guest software tidak selalu dibatasi oleh aplikasi pengguna, banyak host yang mengizinkan host mengeksekusi secara lengkap sistem operasinya. Nantinya guest software akan bekerja terhubung dengan hardware yang dimiliki komputer host. Akses dari guest ke system resources seperti akses jaringan, keyboard, disk storage dan sebagainya secara umum akan dikontrol oleh host dengan penggunaan prosesor dan sistem memori yang terbatas. Beberapa alasan virtualisasi:


1. Dalam hal penggabungan server, banyak server kecil yang digantikan dengan satu server besar dengan tujuan untuk mengurangi jumlah hardware yang memiliki harga tinggi seperti CPU. Meskipun hardware dijadikan satu seperti itu, sistem operasinya tidak digabung. Masing-masing sistem operasi yang berjalan pada satu server tersebut akan menjadi sebuah sistem operasi yang berjalan sendiri secara virtual. Jadi satu server yang besar itu dapat menjadi host bagi beberapa guest.


2. Dengan penggabungan hardware seperti yang diterangkan diatas, kita juga dapat mengurangi penggunaan energi.
 
3. kita akan lebih mudah mengontrol mesin virtual daripada mengontrol hardware yang sebenarnya, konfigurasi bagi mesin virtual juga lebih fleksibel.

4. Mesin virtual dapat diletakkan pada komputer host lain sesuai kebutuhan kita.

5. Error yang terjadi pada mesin virtual tidak akan membahayakan sistem komputer host, sehingga mesin virtual sangat cocok bagi orang yang hobi utak-atik sistem operasi.


Dalam hal virtualisasi sistem operasi, saya akan memeberikan 5 contoh software pengelola mesin virtual yang sering digunakan:

a.Virtual Box
b.Parallels    
c.VMWare  
d.Qemu
e.Windows Virtual PC (Windows)



Dalam berbagai suatu hal banyak yang memiliki kelebihan dan kekurangan,nah dalam hal ini,virtualisasi juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan,diantaranya :


1.Keuntungan
a. Pengurangan Biaya pembelian hardware
b. Kemudahan Backup dan Recovery
c. Kemudahan penyebaran,maksudnya server dapat dikoning sebanyak mungkin dan dapat digunakan di mesin lain.
d. Mengurangi Panas  
e. Mengurangi biaya space
f. Kemudahan maintenance dan pengelolaan 
g. Kemudahan replacement

2.Kekurangan
1.Masalah terpusat
2. Membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi
3.Pusat serangan terpusat
 
mungkin sudah cukup jelas tentang apa sih itu virtualisasi, juga ada kekuranganya sama kelebihannya toh...nah kurang lebihnya saya mohon maaf wassallamuallaikum wr wb. 


REFERENSI
  
http://ilmukomputer.org/2013/07/04/konsep-virtualisasi/


Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Topologi dan kegunaan Topologi

Tentang IEEE 802.1Q

Server, Cloud, TV danDSL di Cisco packettracer