Sistem Operasi Populer Raspberry Pi

Sistem Operasi Populer Raspberry Pi

Untuk menjalankan Raspberry Pi pengguna tentunya memerlukan sistem operasi yang dijalankan melalui SD Card pada board Raspberry Pi. Sistem operasi yang bisa dijalankan untuk Raspberry Pi juga sudah cukup banyak dan masing-masing mempunyai kelebihan tersendiri diantaranya sebagai berikut :

1. NOOBS


NOOBS adalah system operasi pada Raspberry Pi yang sangat mudah . Anda tidak memerlukan akses jaringan, dan Anda juga tidak perlu mengunduh program spesial untuk imaging (mengkloning image sistem operasi ke SD Card). Cukup masuk ke halaman unduh, dan ambil file zip dari NOOBS, unzip/ekstrak pada SD card yang telah diformat dengan ukuran 4GB atau lebih besar. Ketika Anda menyalakan Raspi untuk yang pertama kali, Anda akan melihat sebuah menu yang menanyakan Anda untuk menginstal salah satu dari beberapa sistem operasi pada sisa space pada SD card. Pilihannya berarti Anda bisa menyalakan Raspi dengan sistem operasi reguler seperti Raspbian, atau dengan sistem operasi spesifik untuk media-center seperti RaspBMC.

2. RASPBIAN

Raspbian adalah sistem operasi bebas berbasis Debian GNU / Linux dan dioptimalkan untuk perangkat keras Raspberry Pi(arsitektur prosesor armhf). Raspbian dilengkapi dengan lebih dari 35.000 paket, atau perangkat lunak pre-compiledpaket dalam format yang bagus untuk kemudahan instalasi pada Raspberry Pi. Awal di rilis sejak Juni 2012, menjadidistribusi yang terus aktif dikembangkan dengan penekanan pada peningkatan stabilitas dan kinerja sebanyak mungkin.Meskipun Debian menghasilkan distribusi untuk arsitektur lengan, Raspbian hanya kompatibel dengan versi yang lebih baru dari yang digunakan pada Raspberry Pi (ARMv7 CPU-A dan vs Raspberry Pi ARMv6 CPU yang lebih tinggi).

3. RICS OS

RISC OS (Reduced Instruction Set Computing)  merupakan sistem operasi British. Didesain secara khusus untuk prosesor berbasis ARM oleh tim yang sama yang membuat ARM yang asli dan dibuat pertama kali pada tahun 1987. RISC OS sangat cepat, kompak dan efisien. Dikembangkan dan dicoba oleh komunitas loyal dari berbagai developer dan penggguna. RISC OS sebenarnya bukan merupakan versi dari Linux, bukan juga dalam sisi apapun berkaitan dengan Windows. RISC OS memiliki banyak fitur tingkat lanjut dan segala aspek pada desainnya, khususnya bagi pengguna tingkat lanjut.

4. Windows 10 IOT

Windows 10 IOT, atau windows 10 Internet Of Things adalah versi os windows 10 yang khusus dikembangkan untuk single board computer seperti Raspberry Pi, dapat bekerja dengan atau tanpa layar display.

nah mungkin sekian postingan saya. wassalamuallaikum wr wb.

Referensi

https://valeriandwi.wordpress.com/2017/01/06/mengenal-raspberry-pi-microcontroller-yang-serba-bisa/




Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Topologi dan kegunaan Topologi

Server, Cloud, TV danDSL di Cisco packettracer

Tentang IEEE 802.1Q